Intensive Technical Meeting by Sejenakhening.com

Seluruh staf sejenakhening.com berjumlah 10 orang  yang terdiri dari 2 orang Program Consultant, 1 orang Directur, 1 orang Project Manager, 1 orang Admin and Finance, 2 orang Psychologist dan 3 orang Field Officer telah selesai mengikuti kegiatan Intensive Technical Meeting yang diadakan selama 2 hari. Dimulai pada hari Sabtu 19 hingga Minggu 20 Oktober 2019 yang bertempat di Pemandian Air Panas Desa Bora, Kab. Sigi. Dengan agenda pembahasan mengenai program secara keseluruhan. Kegiatan ini dilakukan untuk pembekalan serta penguatan agar tim menjadi tangguh dalam menjalankan program selama setahun kedepan.

Judul program yang dijalankan adalah ’’Membangun Ketangguhan Kesehatan Mental Masyarakat Pasca Tsunami dan Gempa Bumi di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah”. Terdapat 4 desa yang akan menjadi lokasi pelaksanaan program yaitu desa Soulouwe, Karawana, Sidera dan Potoya. Program ini akan melibatkan beberapa pihak yaitu Tim Sejenakhening.com, Caritas Germany, pemerintah daerah Kabupaten Sigi, dinas kesehatan Kabupaten Sigi, pihak puskesmas Kecamatan Dolo dan Sigi-Biromaru, pemerintah desa, dan warga dari 4 desa yang akan diintervensi.

Hari Pertama

Hari pertama berjalan dengan lancar. Agenda pada siang hingga sore adalah semua staf memainkan psikodrama untuk mengetahui struktur dan peran masing-masing dalam  tim kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program kerja per -jabatan yang dipaparkan oleh I Putu Ardika Yana selaku Program Consultant. Setelah mengambil waktu istirahat, tim kembali menyusun daftar kebutuhan staf untuk mendukung jalannya program. Agenda pun dilanjutkan pada malam hari, yaitu penyusunan schedule target pelaksanaan program dan pembuatan skema ikan untuk mengindentifikasi agenda tiap bulannya.

Hari Kedua

Hari kedua dimulai saat pagi hari. Setiap staf dibagi dalam kelompok sesuai dengan jabatan  masing-masing untuk latihan membuat Term Of  Reference (TOR) dari beberapa rencana program. Tujuannya untuk menginformasikan gambaran umum dan penjelasan mengenai keluaran kegiatan yang akan dicapai. Kemudian hasil dari TOR dipaparkan masing-masing kelompok. Setelah selesai pemaparan, tiap kelompok akan dievaluasi untuk menemukan letak kekurangan kemudian diperbaiki bersama oleh tim.

Intensive Technical Meeting ini selesai di siang hari, dengan agenda penutupan pembacaan doa bersama demi kelancaran pelaksanaan program agar tujuan membangun ketangguhan kesehatan mental masyarakat di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dapat tercapai dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *