Bertemu Pemerintah Kabupaten Sigi

Kamis, 31 Oktober 2019 Seluruh tim sejenakhening.com tiba di kantor Bupati Sigi untuk melakukan agenda audiensi dengan Bupati Sigi dan jajarannya. Mereka menyambut tim dengan baik dan terbuka. Tim bertemu dengan Pak Bupati secara langsung dan menjelaskan garis besar program, bahwa akan ada program dalam rangka membangun ketangguhan kesehatan mental masyarakat Sigi pasca bencana yang diadakan oleh Caritas Jerman bersama Sejenak Hening dan CPMH UGM. Respon Bupat sangat baik, beliau menanyakan bentuk dan waktu pelaksanaan kegiatan.

Tim menjelaskan bahwa untuk masyarakat, program akan diadakan di 4 titik desa, yaitu desa Sidera, desa Karawana, desa Potoya dan desa Solowe. Tim menjelaskan bentuk kegiatan nanti, dimana tim akan melatih 2 kader jiwa untuk masing-masing desa. Kader jiwa bertugas menangangi masalah kesehatan jiwa ringan di desanya, serta akan ada program-program lainnya yang diadakan di desa. Tim juga berencana menempatkan 2 psikolog di 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Biromaru dan Puskesmas Dolo.

Setelah menjelaskan program yang akan dilakukan nanti. Tim sejenakhening.com  meminta waktu beliau untuk dipertemukan dengan pihak CPMH UGM di Minggu kedua November. Beliau bersedia dan mengarahkan tim untuk berkomunikasi lebih lanjut dengan bagian Humas, yaitu Pak Rizal. Diskusi dengan Bupati tidak berlangsung lama karena beliau memiliki agenda lain setelahnya, tim memberikan proposal kerjasama untuk beliau.

Pertemuan selanjutnya diagendakan setelah selesai Upacara Peringatan Hari Pahlawan, tanggal 10 atau 11 November 2019. Untuk kepastian waktunya akan diinformasikan melalui whatsapp dengan Pak Rizal.

Pukul 09.00 WITA tim melanjutkan perjalanan menuju Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi di Desa Bora untuk bertemu dengan PLT Kepala Dinas Kesehatan, Pak Roland. Namun saat itu Pak Roland tidak berada di kantor karena sedang mengikuti kegiatan di kota Palu. Staf di Dinas Kesehatan memberikan nomor handphone Pak Roland kepada tim agar tim dapat segera menghubungi Pak Roland. Tim pun kembali ke kantor Rumahberbagi.id di kota Palu.

            Pada pukul 11.16 WITA, Erik selaku Project Director menghubungi Humas Bupati Sigi (Pak Rizal) melalui whatsapp untuk membuat janji bertemu dengan Pak Bupati sesuai dengan jadwal yang direncanakan yaitu tanggal 10 bertepatan dengan hari pahlawan. Namun, pada tanggal 10 November jatuh pada waktu weekend. Maka, untuk kepastian waktu bertemu antara tim sejenakhening dan CPMH bersama Bupati Sigi, akan Pak Rizal koordinasikan terlebih dahulu dengan pihak pelaksana upacara memperingati hari pahlawan. Untuk tanggal pelaksanaan apakah upacara nanti akan diadakan pada tanggal 10 atau diundur tanggal 11 November 2019.

            Pada pukul 12.47 WITA, Novi selaku Project Officer menelpon Pak Roland. Beliau menyampaikan bahwa saat itu sedang berada di Hotel Santika dan meminta tim untuk menemui beliau disana. Maka tim berangkat dan tiba di hotel pada pukul 13.03 WITA. Novi, Nina dan Fira tiba di Hotel Santika untuk bertemu Pak Roland. Tim menyampaikan rencana program seperti yang telah dijelaskan tim ke Bupati. Tim juga menyampaikan bahwa sebelumnya telah  menemui Bupati dan beliau telah menyetujui untuk bertemu dengan CPMH selesai upacara peringatan hari pahlawan antara tanggal 10 atau 11 November 2019. Tim menyampaikan harapan kepada PLT Kadis agar beliau dapat meluangkan waktu untuk ikut dalam pertemuan tersebut dan respon beliau menyetujuinya. Beliau menunggu kepastian tanggal untuk disampaikan melalui whatsapp. Pak Kadis juga mengarahkan dan mendisposisi proposal kerjasama yang telah tim serahkan untuk diteruskan kepada Ibu Lusi selaku kepala seksi di Dinas Kesehatan untuk berkoordinasi lebih lanjut tentang program yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *