WORKSHOP FOR THE PRIMARY HEALTH CARE OFFICERS AND MENTAL HEALTH VILLAGE CADERS : BASIC COUNSELING

Palu, 23-25 November 2019. Sejenakhening.com yang bekerjasama dengan Caritas Germany melakukan pelatihan konseling dasar untuk para kader dari 4 desa intervensi (Potoya, Karawana, Soulowe, dan Sidera) serta perawat jiwa dari puskesmas (kec. Dolo dan Biromaru) yang ada di kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari di gedung BAPELKES Sulteng.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WITA, diawali dengan pembukaan kemudian pembacaan doa oleh saudara Risky Hermawan Pratama, dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Sejenakheningdotcom.  Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa program Bulding Mental-Health of Communities Post-Tsunami and Earthquake in Sigi District of Central Sulawesi – Indonesia, terselenggara atas kerja sama Sejenakhening.com dengan Caritas Germany sesuai dengan visi Sejenakhening.com, yaitu menjadi lembaga terpercaya untuk mengembangkan diri dan komunitas di Kota Palu. Beliau juga menyampaikan bahwa setiap orang ingin hidup sehat, kondisi sehat bukan sekedar terbebas dari kecacatan penyakit namun juga melibatkan  kondisi kesejahteraan secara psikologis. Pasca bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi setahun silam, banyak perubahan yang terjadi dan berlangsung cepat dan menyebabkan banyak individu terhambat dalam mencapai kesejahteraan psikologis sehingga tidak sedikit orang mengalami gangguan psikologis seperi depresi, stress dan sebagainya. Olehnya dibutuhkan suatu ketahanan psikologis atau resiliensi untuk menghadapi segala persoalan hidup seperti situasi atau peristiwa yang membuat individu itu tertekan. Hal ini diharapkan mampu meminimalisir dan mencegah adanya gangguan psikologis depresi. Salah satu hal yang akan sejenakheningdtcom bangun dalam kegiatan ini adalah kemampuan konseling. Konseling adalah hubungan yang bersifat membantu dalam mencapai perubahan dan belajar membuat keputusan sendiri serta bertanggung jawab atas keputusan yang diambil. Setelah direktur memberi sambutan, dilanjutkan dengan sesi psikotest kepada para peserta workshop. Sesi ini dipimpin oleh founder sejenakheingdotcom, I Putu Ardika Yana. Setelah itu dilanjutkan dengan ice breking oleh dua psikolog yakni Juju dan Indri.

Hari pertama kegiatan workshop ini berfokus pada materi “Konseling Dasar” yang dibawakan oleh ibu Jusmiati, S.Psi., M.Psi., Psikologi seorang dosen Psikologi di IAIN Palu. Materi ini berlangsung sampai sore hari. Selain materi, peserta workshop melakukan role play untuk mempraktekan teori yang telah yang diterima.

Hari kedua dimulai dengan melakukan mindfullnes yang di pandu oleh Juju dan Indri, peserta di arahkan untuk mengatur pernapasan perut. Dan fokus materi selanjutnya yaitu Konseling dan Brief Terapi oleh I Putu Ardika Yana., S.Psi., M.Psi., Psikolog. Materi yang dipaparkan adalah langkah-langkah konseling yang dimulai dari langkah pertama yaitu : membangun hubungan baik antara konselor dan konseli dengan metode self-disclosure / membuka diri yang di mulai dengan rasa empati, merefleksikannya dan mencoba untuk memahami konseli  apa yang sedang dia rasakan. Dan sesi materi ini diakhiri dengan melakukan Rollplay self-disclosure/membuka diri antara konselor dan konseli yang dimainkan oleh seluruh peserta.

Hari ketiga diisi dengan materi mindfullnes yang dibawakan oleh I Putu Ardika Yana., S.Psi., M.Psi., Psikolog. Peserta diajarkan tentang Mindfulness breathing, Mindfullnes walking, dan Mindfullnes eating. Dan tetap dilanjutkan dengan melakukan role play oelh seluruh peserta.Setelah seluruh rangkaian materi diselesaikan dalam waktu 3 hari, kegiatan workshop ini pun ditutup oleh Novi Inriyanny Suwendro, SKM., MPH. selaku Project officer Sejenakhening.com. Workshop ini akan dilanjutkan lagi pada bulan Desember 2019 dengan materi pelatihan yang lebih mendalam lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *