Penilaian Kondisi Kesehatan Mental Para Penyintas yang Tinggal di T-Shelter dan di 4 Desa

Field Officer sejenakhening.com mulai melakukan penilaian kondisi kesehatan mental para penyintas yang tinggal di T-Shelter dan di 4 desa sebelum pelaksanaan program pada minggu ketiga bulan November 2019. Diawal program, dilakukan penilaian kondisi kesehatan mental pada penyintas yang selamat di tempat penampungan sementara dan penduduk yang tinggal di 4 desa intervensi yaitu Potoya, Karawna, Soulowe dan Sidera.

Penilaian ini bertujuan untuk memperoleh data awal tentang kondisi kesehatan mental, memetakan siapa yang telah mengalami masalah kesehatan mental sehingga mereka perlu mendapatkan pemulihan dan siapa yang rentan untuk mengalaminya sehingga mereka perlu mendapatkan upaya pencegahan agar tidak mengalami gangguan kesehatan mental.

Data awal ini juga dapat digunakan sebagai dasar dalam mengukur keberhasilan implementasi program. Pada akhir implementasi program, data akhir akan dikumpulkan untuk melihat perubahan kondisi kesehatan mental dan efektivitas implementasi program.

Field officer dibantu oleh para kader dari masing-masing desa intervensi menyebarkan 500 kuesioner yang ditujukan kepada penyintas yang mencakup usia remaja, dewasa, lansia dan penghuni Huntara serta melakukan wawancara kepada 30 orang. Penilaian ini dilakukan di awal program dan juga saat program akan berakhir.

Masyarakat setempat merespon dengan baik terhadap pendataan ini, meskipun ada juga yang masih belum memahami tentang pentingnya kesehatan mental. Melalui pendataan ini sekaligus menjadi bagian promosi program sejenakhening.com dan caritas germany setahun ke depan di kabupaten Sigi Sulawesi Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *