WORKSHOP KESEHATAN MENTAL UNTUK PERAWAT JIWA DAN KADER DESA TENTANG DETEKSI DINI, ASSESSMENT DAN SISTEM RUJUKAN

Jumat-Minggu, 13-15 Desember 2019 sejenakhening.com kembali mengadakan workshop kesehatan mental untuk para perawat jiwa dan kader desa di Kabupaten Sigi. Kali ini berfokus pada deteksi dini, assessment dan system rujukan sebagai bekal dasar bagi para penggerak. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari 8 orang kader desa (Karawana, Potoya, Soulowe dan Sidera), 2 orang perawat jiwa dan 2 orang dokter umum dari puskesmas Dolo dan Biromaru, PKMK UGM, 2 orang psikolog, serta beberapa undangan dari NGO yang ingin belajar mengenai kesehatan mental. Selama 3 hari peserta menerima materi dan role play dari pemateri dari Center for Public Mental Health (CPMH) Universitas Gajah Mada.

Workshop ini dibuka langsung oleh Direktur Sejenakhening.com, Eriek Aristya Pradana, S.T., M.T. Dalam sambutannya, Eriek berharap agar para peserta terutama kader desa, psikolog dan perawat jiwa selaku penggerak bersungguh-sungguh dalam mengikuti setiap sesi workshop, apalagi pemateri yang didatangkan adalah guru besar dari fakultas Psikologi UGM, bahkan prof. Sako dan Theo, psikologi klinis dari Belanda pun ikut hadir untuk berbagi ilmu di workshop tersebut.

Dihari pertama workshop setelah pembukaan dilakukan, Prof. Dr. Sako Visser dari Universitas Amsterdam, Belanda membawakan materi pertama tentang “Mengenali Gangguan Kesehatan Mental” dengan bantuan CO-Founder Sejenakhening.com yaitu Yuni Amelia selaku translator. Setelah pemaparan materi, dilakukan role play yang diperagakan oleh Yuni dan Prof. Sako kemudian peserta pun ikut melakukan sesuai arahan.

Setelah istirahat dan shalat jumat, materi selanjutnya diisi oleh ibu Prof.Dr. Sofie Retnowati tentang “Layanan Kesehatan Mental di Level Primer”. Di sesi ini Prof. Sofie menceritakan perjuangan beliau untuk menempatkan psikolog di puskesmas yang berada di kota Yogyakarta selama belasan tahun hingga akhirnya Yogya menjadi satu-satunya derah yang menempatkan psikolog puskesmas di Indonesia, dan saat ini perjuangan tersebut sedang dilanjutkan oleh tim Sejenakhening.com yang telah berkolaborasi dengan Caritas Germany di kabupaten Sigi Sulawesi Tengah.

Materi berikutnya dibawakan oleh ibu Prof. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D atau yang akrab di sapa dengan sebutan Bu Bo. Beliau mengajak peserta menonton 3 Video psikologi, kemudian menjelaskan pemaknaan dari masing-masing video dan melakukan role play bersama peserta dan panitia.

Materi ke empat di hari pertama selanjuitnya dibawakan oleh ibu Diana Setiyawati, M.HSc. Psy., Ph. D yang merupakan ketua CPMH UGM, membawakan materi tentang “Literasi Kesehatan Mental”. Sesi ini berlangsung cukup panjang karena pembahasan yang sangat seru, terutama mengenai peran seorang Ayah dalam pertumbuhan psikologis sang anak dan keluarga.

Hari kedua, tanggal 14 Desember 2019 materi dilanjutkan oleh Ibu Diana, peserta diarahkan membentuk kelompok dan mendiskusikan beberapa hal. Sampai pada pukul 2 siang, tim CPMH UGM pun berpamitan karena tugas mereka untuk melakukan advokasi dan workshop bersama sejenakhening.com telah selesai.

Materi selanjutnya adalah pengenalan website Sikeswa yang di pandu oleh Rizky Hermawan, S.Kom perwakilan dari tim sejenakhening.com. Nantinya website ini akan menjadi sumber data dan informasi dalam menjalankan program 10 bulan ke depan.

Kemudian dilanjutkan oleh I Putu Ardika Yana, S.Psi., M.Psi menjelaskan tentang system rujukan yang akan digunakan oleh seluruh tim selama program.  Mulai dari pasien yang ditangani kader, sampai pasien ditangani oleh psikolog di masing-masing puskesmas.

Hari ketiga, tanggal 15 Desember 2019 pukul 09.00 wita, peserta diajarkan mengenai psikotraumatologi oleh I Putu Ardika Yana, S.Psi., M.Psi. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, dengan bantuan Rini Junita Bakhri H., S.Psi., M.Psi seluruh peserta diminta untuk menuliskan hal yang mereka alami saat bencana 28 September 2018 terjadi, setelah seebelumnya mereka dibiarkan menyaksikan beberapa cuplikan video saat bencana terjadi. Setelah sesi ini selesai, para kader desa dan perawat jiwa dipakaikan PDH sejenakhening.com oleh tim, sebagai simbolis kerjasama yang akan dilakukan selama 10 bulan ke depan. Penyematan tersebut sekaligus menutup segala rangkaian workshop. Kegiatan ditutup oleh Direktur Sejenakhening.com.

Penyematan PDH sejenakhening.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *