Aktivitas

Case Conference : Pembahasan kasus oleh Kader Desa Sehat Jiwa, Petugas Puskesmas dan Program Consultant

Sigi, 2021. Yayasan Bumi Tangguh didukung oleh Sejenakhening.com selaku program consultant menyelenggarakan Case Confrence : Pembahasan Kasus Oleh Kader Desa Sehat Jiwa, Petugas Puskesmas dan Program Consultant. Latar belakang diselenggarkannya kegiatan ini adalah sebagai bagian dari Program Dukungan Psikososial yang diselenggarakan oleh Yayasan Bumi Tanggu selama 6 bulan di Kabupaten Sigi. 

Kegiatan ini melibatkan satu puskesmas di kabupaten Sigi yaitu Puskesmas Baluase. Selain melibatkan puskesmas pelatihan ini akan melibatkan beberapa orang warga dari satu desa utama dengan didampingi dua desa pendukung program yang selanjutnya akan disebut sebagai Kader Desa sesuai dengan penerima manfaat di dalam implementasi program. Kader desa yang menjadi partisipan dalam pelatihan ini berasal dari 1 desa utama yaitu desa Wisolo , dan 2 desa pendukung program yaitu Sambo dan Balongga. Didesa utama terdapat 5 kader dan untuk desa dampingan masing masing terdapat 2 kader yang ditunjuk sebagai kader desa sehat jiwa. Kader ini akan memberikan layanan Kesehatan Jiwa dasar meliputi Promosi, Pencegahan, Konseling Dasar dan Rujukan Layanan Kesehatan Jiwa.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memahami mempelajari kasus yang ditemukan oleh kader desa dan perawat jiwa serta mengevaluasi layanan kesehatan jiwa yang telah diberikan.

Fasilitator

Fasilitator pada kegiatan ini adalah tim sejenakhening.com yang terdiri dari I Putu Ardika Yana, M.Psi., Psikolog.

Waktu Pelaksanaan

Setiap akhir bulan selama masa periode program Maret – Juni 2021.

Related posts

Workshop Dukungan Psikologis Awal bagi Tenaga Kesehatan Puskesmas dan Kader Desa Sehat Jiwa

Admin

Workshop II : Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan dan Kader Desa Sehat Jiwa

Admin

Launching Building Mental – Health Resiliency of Communities Post – Tsunami and Earthquake in Sigi District and Palu City of Central Sulawesi – Indonesia

Admin