Aktivitas

Launching Building Mental – Health Resiliency of Communities Post – Tsunami and Earthquake in Sigi District and Palu City of Central Sulawesi – Indonesia

Dalam rangka membangun ketangguhan kesehatan mental masyarakat kota Palu, Sulawesi Tengah, Lembaga Sejenakhening.com yang di dukung oleh Caritas Germany meluncurkan program Ketangguhan Kesehatan Mental Masyarakat Pasca Bencana di Kota Palu. Sebelumnya, di tahun 2020 program ini telah berhasil dilakukan di Kabupaten Sigi dan menunjukan penurunan kasus gangguan kesehatan mental yang signifikan. 

Kegiatan Launching program untuk daerah Palu dilaksanakan selama satu hari  dengan peserta kegiatan yang terdiri dari 49 peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan Kota Palu, Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, BPBD, BAPPEDA, Dinas Pendidikan kota Palu, Rumah Sakit Anutapura,  Puskesmas Sangurara, Puskesmas Bulili, Kader sehat jiwa wilayah Petobo, Balaroa dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), selain itu kegiatan ini juga diselenggarakan melalui online dengan turut mengundak Ikatan Psikologi Klinis Indonesia (IPK), Prof. Kwartarini, serta CPMH UGM.

Senior Project Officer Heningsejenak.com Novi Indriani Suendro, SKM.,MPH menyebutkan Riskesdas dilakukan setiap lima tahun sekali, namun Sulteng selalu menjadi yang teratas dengan nilai 12,3%. “Provinsi Sulawesi Tengah sudah dua kali berturut-turut menjadi juara satu selama 10 tahun, Sedangkan kategori depresi tinggi 35 orang, serta kategori depresi sedang 29 orang.” kata Novi Inriyani di ruang rapat Bantaya Jl Balai Kota, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

“Hasil survei yang kami lakukan di dua kelurahan terdampak bencana yakni di Keluharan Petobo dan Kelurahan Balaroa cukup mengejutkan karena yang aman-aman saja itu sebesar 63%, lebih dari seperempat yang mengalami gangguan kecemasan berlebihan di mana itu merupakan gejala gangguan mental,” ujarnya.  Angka yang tergolong cukup tinggi itu sangat mengkhawatirkan. Olehnya, Sejenakhening.com bersama Pemerintah Kota Palu hadir untuk membantu masyarakat kota Palu berupa pelayanan kesehatan mental oleh Psikolog di Puskesmas Bulili dan Puskesmas Sangurara, menyediakan kader sehat jiwa di kelurahan Petobo dan Balaroa, kelas belajar, serta assesmen.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Head of Office Caritas Germany Indonesia yaitu Bapak Cipto Priyo Leksono yang menyambut baik program ini dengan harapan segala sesuatu yang dilakukan oleh tim Sejenakhening.com dapat berjalan dengan lancar serta memfasilitasi masyarakat kota Palu dalam meningkatkan kesejahteraan mental. Sambutan selanjutnya dibawakan oleh ibu Diana Setiyawati, M.HSc. Psy., Ph.D selaku ketua Center for Public Health UGM yang menjelas mengenai psikolog di Puskesmas, yang kemudian dilanjutkan oleh Ibu Dr. Indria laksmi Gamayanti, M.Si., Psikolog selaku ketua Ikatan Psikologi Indonesia yang menjelaskan tentanf tenaga kesehatan psikolog klinis di Indonesia. Sambutan yang terkahir ditutup oleh Walikota Palu yakni Bapak H. Hadianto Rasyid, SE. Sekaligus memberikan penyerahan secara simbolis SK penempatan Psikolog ke Puskesmas Sangurara dan Puskesmas Bulili. Beliau memberikan sambutan serta arahan dalam menjalankan program kedepannya. Wali Kota Palu Hadianto Rasyid berharap, agar program tersebut dapat berjalan baik sehingga kasus depresi bisa ditekan di Kota Palu dan segala laporan dan hasil tindak lanjutnya agar segera dilaporkan, tidak hanya di awal dan diakhir saja, tetapi terus berkelanjutan hingga berakhir program.

Related posts

Case Conference : Pembahasan kasus oleh Kader Desa Sehat Jiwa, Petugas Puskesmas dan Program Consultant

Admin

Sosialisasi Layanan Kesehatan Mental Kepada Pemerintah Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi

Admin

Workshop Dukungan Psikologis Awal bagi Tenaga Kesehatan Puskesmas dan Kader Desa Sehat Jiwa

Admin